deedee hams

Ajang tukar menukar informasi segala sesuatu tentang hamster, ajang perekat hamster lovers..ke depannya, sebagai ajang untuk jual beli hamster juga :D
cekidot... :D

Selasa, 12 Juli 2011

Kandang Hamster

Hamster membutuhkan kandang sebagai tempat tinggalnya. Berbagai macam variasi bentuk dan model banyak tersedia di Petshop maupun di pasar hewan. Harga yang bervariasi memudahkan kita untuk memilikinya. Adapun harga antara 25.000 sampai dengan 350.000. Macam kandang antara lain:

A. Kandang Jeruji
Kandang jeruji sangat cocok untuk hamster jenis Sirian, walaupun hamster mini juga dapat menggunakan kandang jenis ini. Namun yang harus diperhatikan bila hendak menggunakan kandang jeruji untuk hamster mini, jarak jeruji harus tidak lebih lebar dari kepala hamster terutama hamster jenis Roborovski. Karena Hamster jenis Roborovski mempunyai postur badan yang sangat kecil, jadi apabila kepala hamster bisa keluar melewati jeruji, kemungkinan besar seluruh badan akan dapat keluar karena hamster dapat memipihkan badannya yang elastis. Jadi carilah kandang hamster yang khusus untuk hamster mini bila ingin memilih kandang jeruji. Hamster Sirian sangat cocok dengan kandang jeruji karena postur badannya yang besar dan kandang jeruji mempunyai kelebihan akan sirkulasi udaranya.

B. Kandang Aquarium
Kandang aqurium sangat cocok untuk hamster jenis dwarf atau mini seperti Campbel, Winter White, Hibrid dan Roborovski. Keuntungannya, bedding hamster tidak dapat berserakan keluar apabila menggunakan bedding serutan kayu, dan tidak mungkin juga hamster-hamster itu akan melarikan diri karena tidak ada celah sedikitpun. Namun harus di ingat jika hendak menggunakan kandang aquarium, kandang aquarium harus menggunakan penutupnya, bisa berupa kawat yang bisa ditekuk samping-sampingnya supaya tidak bergeser dan untuk memperkuatnya bisa di tambah dengan pengikat, ingat karena hamster adalah binatang mangsa para predator seperti kucing bahkan juga mangsa para tikus liar, jadi keamanan adalah nomor satu untuk setiap kandang hamster terutama kandang aquarium. Namun apabila penutupnya berupa besi yang sudah di design untuk penutup aquarium, itu lebih baik. Saya sangat tidak menyarankan menggunakan aquarium dengan penutup plastiknya yang sering dijual di petshop sekarang ini, karena pertama hamster adalah binatang yang bisa menggerogoti apa saja, dan lagi penutup plastik yang walaupun ada lubang-lubang udaranya, penutup plastik itu membatasi aliran udara yang masuk sehingga membuat aquarium menjadi pengap. Aliran udara yang baik sangat dibutuhkan untuk hamster, jika tidak berbagai kuman dan bakteri yang disebabkan oleh air seni dan kotorannya dapat berkembang dengan cepat sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

C. Kandang Homemade
Kandang homemade adalah kandang bikinan sendiri. Orang-orang yang memelihara hamster sekarang ini banyak yang kreatif dengan membuat kandang hamster yang menarik, tapi ada juga kandang homemade yang sangat sederhana dengan hanya menggunakan plastik kontainer yang besar. Tapi memang kebanyakan kandang homemade yang mudah dijadikan untuk dijadikan kandang hamster adalah dari plastik kontainer berukuran besar. Jadi tinggal meletakkan bedding, rumah-rumahan (nesting), dan jogging wheel, serta bermacam-macam assesoris lainnya. Tapi jangan lupa untuk meletakkan penutupnya juga untuk keamanan hamster. Penutup kandang yang baik untuk kandang kontainer plastik adalah dengan menggunakan kawat yang bisa ditekuk samping-sampingnya seperti penutup kandang aquarium yang sudah saya jelaskan di poin B atas, supaya sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik karena kandang homemade ini keadaan suhu di dalamnya tidak sebaik kandang aquarium, plastik kontainer dapat menyebabkan suhu udara yang panas. Kandang homemade yang terbuat dari kardus seperti kardus sepatu bukan kandang homemade yang layak untuk dipikirkan, itu merupakan kesemena-menaan pemilik hamster yang tidak memikirkan keamanan dan kenyamanan hamster.

D. Kandang Habitrail
Sekarang ini merk kandang yang mahal dengan berbagai macam bentuk yang unik dan menarik adalah kandang hamster yang bermerk Habitrail. Kandang merk Habitrail biasanya dijual di petshop-petshop terkemuka atau Anda bisa membelinya dengan cara online.

Jadi itulah kandang-kandang yang biasa digunakan untuk memelihara hamster. Ukuran kandang untuk hamster adalah semakin besar kandang semakin baik. Anda bisa merasakan sendiri apakah kandang itu sempit atau tidak berdasarkan jumlah hamster yang anda pelihara. Idealnya untuk ukuran kandang hamster adalah 24 inches panjangnya dan 12 inches lebarnya atau 25 cm x 30 cm. Ukuran itu paling cocok diterapkan pada kandang aquarium
Pilihlah kandang sesuai dengan Jenis Hamster yang kita pelihara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar